Trik Pakai Whatsapp agar Memori HP Tidak Cepat Penuh

Tahukah Anda, bahwa tidak sedikit pengguna Whatsapp yang mengeluhkan HP jadi hang saat membuka aplikasi tersebut. Padahal, jika tahu trik hebat menggunakan aplikasi chatting paling populer tersebut pastinya memori penyimpanan HP tidak mudah penuh dan masalah error dan hang bisa diminimalisir.

Aplikasi dengan ukuran awal sudah cukup berat ini, akan semakin berat ketika Anda menyimpan berbagai media yang dikirim via aplikasi. Bahkan beratnya bisa mencapai 1 GB lebih jika media dibiarkan tersimpan. Wajar jika tidak pakai trik yang tepat, memori penyimpanan bisa cepat penuh.

6 Trik Pakai Whatsapp

Bisa dibilang kebanyakan orang tak bisa beraktivitas tanpa menggunakan Whatsapp, wajar saja sebab pengguna aplikasi ini saja sudah mencapai lima miliar lebih. Artinya, kepopulerannya sudah semakin menjelajahi berbagai kalangan di belahan dunia manapun. Jadi, jika tak ingin aktivitas pakai WA terganggu karena memori terbatas. Lakukan 6 hal berikut.

  • Batasi Penerimaan Media

Anda bisa membatasi penerimaan media seperti video maupun audio yang dikirim orang lain. Caranya adalah:

  1. Buka halaman chat utama di aplikasi Whatsapp Anda
  2. Kemudian pilih menu titik tiga vertikal di sisi atas kanan halaman, lanjutkan dengan memilih menu settings
  3. Pada halaman berikutnya, pilih opsi storage and data dan pilih pengaturan media auto download. Dimana Anda memilih no media untuk opsi when using mobile data, kemudian pada opsi when connected on Wifi, dan when roaming. Sehingga semua media yang masuk tidak akan otomatis tersimpan.

 

  • Hapus Pesan

Menghapus pesan apalagi yang berukuran besar secara berkala juga bisa meminimalisir penggunaan memori HP yang besar. Terutama pada grup-grup yang diikuti, karena akan banyak media yang di share melalui chat tersebut. Lakukan cara ini secara berkala, walaupun butuh waktu untuk melakukannya tapi, hasilnya cukup mumpuni lho.

 

  • Tak Perlu Buat Status Tiap Sebentar

Membuat status Whatsapp ternyata juga berimbas pada memori penyimpanan, karena status yang dibuat akan secara otomatis tersimpan selama 24 jam dan akan membuat memori cepat penuh apalagi kalau dalam status tersebut ditambahkan video dengan durasi yang cukup panjang.

 

  • Hapus Riwayat Telepon

Satu lagi cara yang bisa dilakukan sendiri adalah, secara berkala menghapus riwayat telepon pada aplikasi Whatsapp. Secara otomatis informasi riwayat ini juga akan menambah beban aplikasi, apalagi jika jumlahnya sudah sangat banyak.

Jika rasanya Anda masih butuh nomor-nomor yang ada dalam riwayat telepon tersebut, maka ada baiknya menyimpannya pada menu kontak di HP tersebut.

 

  • Nonaktifkan dengan Cara Benar

Tidak sedikit pengguna WA yang tidak menonaktifkan aplikasi ini dengan benar, begitu selesai buka chat maka mereka langsung tekan tombol exit. Alhasil, sistem masih berada pada status mengaktifkan aplikasi tersebut dan akan membuat memori penyimpanan terkena efeknya dan performa HP jadi lemot.

Makanya, jika tidak mau HP lemot dan memori habis Anda harus keluar dari aplikasi dengan cara yang benar. Yaitu, dengan menekan tombol back hingga akhirnya keluar manual dari aplikasi.

 

  • Pakai Aplikasi Cleaning Cache

Untuk memaksimalkan upaya meminimalisir penggunaan memori HP oleh aplikasi WA, maka Anda butuh aplikasi tambahan untuk melakukan cleaning cache dan data-data tidak penting lainnya yang ada di WA. Tinggal pilih salah satu yang tersedia di platform aplikasi baik itu Google Play Store atau Apple Store.

 

Setelah Anda melakukan semua trik di atas, dijamin WA tidak lagi akan memberatkan memori penyimpanan HP meskipun Anda menggunakannya secara rutin untuk berbagai aktivitas komunikasi.

 

Sumber : https://goodbizid.com/blog/api-whatsapp-business/