Tips Memilih Kampus Swasta yang Bermutu

Ketika tahun ajaran baru akan dimulai serentetan proses seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi sudah siap menghadang di depan mata dan tentunya kamu harus berjuang sangat keras. Apakah kalian telah menentukan untuk melanjutkan bangku pendidikan di mana? Atau jangan-jangan masih bingung hendak memilih kampus negeri atau kampus swasta?

 

Kalian pasti sudah sangat sering menemui sebagian besar siswa-siswi sekolah yang ingin menjadi mahasiswa universitas negeri. Entah karena alasan biaya, perintah orang tua, atau nama baik kampus tersebut. Tetapi yang menjadi kendala ialah fakta bahwa kuota penerimaan tidak sebanding dengan kuantitas peminat yang begitu besar. Oleh karena itu, kalian harus menyusun banyak rencana dan tidak hanya terfokus pada satu pilihan agar tak kecewa di kemudian hari.

Di lain sisi, saat ini peminat perguruan tinggi swasta tidak kalah jumlahnya dengan peminat perguruan tinggi negeri. Namun, hal yang masih menjadi persepsi salah di lingkungan masyarakat ialah pandangan jika PTS merupakan kampus buangan dengan biaya yang mahal. Padahal kenyataan sebenarnya tidak demikian asal kalian mengerti bagaimana tips memilih kampus swasta yang baik.

Sangat banyak universitas swasta yang berkualitas bahkan diakui oleh dunia internasional. Belum lagi setumpuk program beasiswa dan prospek kerja setelah lulus. Jadi kalian tidak perlu takut jika ingin mendaftar di universitas Terbaik di Jakarta. Agar lebih yakin, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan bila hendak memilih perguruan tinggi swasta.

1. Akreditasi

Tips memilih kampus swasta yang utama yaitu dengan melihat akreditasinya. Akreditasi merupakan standarisasi atau penilaian mutu sebuah kampus yang diberikan oleh pemerintah lewat tim asesor sebagai pengakuan bahwa institusi bersangkutan telah layak menyelenggarakan programnya serta bukti bahwa mahasiswa yang berkuliah di kampus tersebut telah memenuhi kebutuhan dan siap terjun ke dunia kerja nantinya.

Semakin tinggi akreditasi yang dimiliki perguruan tinggi tersebut, maka semakin bagus citra para alumninya. Untuk mengetahui akreditasi kampus, kalian bisa mencari informasinya di web Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

2. Biaya Kuliah dan Fasilitas

Menimbang biaya kuliah merupakan salah satu tips memilih kampus swasta yang paling penting. Kalian tentu harus meriset hal ini sedalam-dalamnya agar kelak tidak akan membebani orang tua atau wali. Perhatikan juga fasilitas serta metode pembelajaran yang diberikan, apakah memang sebanding dengan uang yang akan dikeluarkan?

Hal yang perlu diingat yaitu tidak selamanya biaya kuliah di PTS lebih tinggi dibandingkan PTN. Belum lagi banyaknya program beasiswa dari lembaga tertentu yang peluangnya besar. Jika masih bingung, kalian dapat mengecek laman goKampus.com untuk mendapatkan info seputar kampus, beasiswa, hingga program magang secara gratis.

3. Rekomendasi dan Kiprah Alumni

Mencari tahu review mengenai dinamika perkuliahan dari mahasiswa serta bagaimana kiprah alumni universitas bersangkutan juga menjadi tips memilih kampus swasta yang tak boleh dilewatkan. Jangan ragu untuk mengumpulkan informasi pengalaman dari mereka yang pernah berkuliah di tempat tersebut. Bila PTS yang kalian pilih memiliki banyak alumni yang sukses, tentunya akan sangat baik untuk mengembangkan jaringan kerja ketika telah terjun ke dunia kerja.

Demikian beberapa tips memilih kampus swasta yang bermutu sebagai bahan pertimbangan kalian. Semoga bisa menjadi gambaran yang tepat dan memudahkan kalian dalam memilih tempat menuntut ilmu terbaik nantinya yah. Ayo rancang masa depan mulai dari sekarang.