Terapi Alami Obat Luka Karena Diabetes

Luka adalah hal biasa yang tidak banyak dihiraukan orang. Tetapi tidak bagi penderita diabetes. Luka kecil bisa menjadi bahaya untuk penderita diabetes, karena bisa dengan mudah berkembang menjadi peradangan yang serius. Dan di sini kita akan coba melihat alternatif terapi alami obat luka karena diabetes, merujuk pada sumber deherba.com

Dalam laman deherba.com, dijelaskan bahwa penderita diabetes memiliki sel sel yang lemah dan rapuh karena kekurangan suplai energi. Hingga sel sel tubuh kesulitan untuk melakukan perbaikan diri secepat mereka yang normal.

Kadar trombosit dan sel darah putih dalam darah penderita diabetes lebih sedikit hingga proses pembekuan darah dan penutupan luka berjalan lebih lambat. Justru luka demikian cepat berkembang melebar dan semakin dalam.

Karena luka tidak kunjung kering hingga unsur bakteri di sekitar dengan mudah menginfeksi luka. Luka kecil dengan cepat berkembang menjadi infeksi yang berat bahkan pembusukan jaringan. Kadar gula berlebih dalam darah memudahkan proses pembusukan terjadi.

Itu sebabnya penting untuk segera melakukan langkah cepat ketika menemukan luka pada tubuh penderita diabetes. Perawatan intensif akan mencegah luka berkembang semakin memburuk. Lakukan sterilisasi dengan rutin dan pastikan luka tidak terpapar udara bebas juga bebas kotor.

Selain dengan perawatan ini, Anda bisa memanfaatkan sejumlah unsur alami untuk menjadi alternatif sebagai terapi alami obat luka karena diabetes. Ini akan menjadi pilihan untuk Anda menemukan obat luka karena diabetes dengan cepat.

obat luka karena diabetes

Propolis

Propolis adalah produk lain dari lebah selain madu. Ini merupakan zat kimia yang dihasilkan oleh madu dan berasal dari bahan alami getah tumbuh tumbuhan. Berbeda dengan madu, propolis sejatinya merupakan salah satu bahan yang digunakan lebah untuk memperbaiki struktur sarang mereka.

Tetapi, di luar itu propolis memiliki efek anti radang yang sangat kuat. Propolis sangat efektif dimanfaatkan sebagai anti bakteri dan untuk mempercepat penyembuhan luka. Sangat efektif digunakan sebagai obat luka karena diabetes.

Kunyit

 Kunyit juga terbukti berkhasiat sebagai obat alami untuk luka karena diabetes. Kunyit memiliki efek anti radang dan anti bakteri yang sangat efektif. Memiliki sifat astringent yang akan membantu meringankan rasa nyeri pada peradangan.

Perawatan untuk luka semacam ini bisa dilakukan dengan menghaluskan kunyit dan memerasnya tanpa ditambahkan air hingga didapat cairan kuning kental. Oleskan cairan kuning kental ini pada area luka secara rutin.

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat sangat efektif membantu mengeringkan luka.  Meski pada awalnya mengoleskan bawang putih ke area luka akan menyebabkan efek nyeri yang kuat, tetapi efeknya akan terlihat dengan cepat.

Rasa nyeri di dapat dari efek luka yang terpapar unsur senyawa kimia sulfur dalam bawang putih yang dengan cepat mengeringkan luka. Sulfur ini juga memiliki sifat anti bakteri yang kuat hingga sangat efektif menghentikan infeksi.

Daun pisang

Terapi daun pisang bisa menjadi pilihan saat luka tampak membengkak dan memerah. Meski tidak mengandung unsur anti bakteri, daun pisang memiliki sifat astringent yang sangat kuat. Hingga membantu meredakan pembengkakan, efek kemerahan dan peradangan.

Terapi ini efektif dilakukan dengan membalut luka menggunakan lembaran daun pisang. Diamkan selama beberapa 1 jam untuk membantu mendinginkan luka. Lakukan berulang sekitar 3 – 4 kali sehari.

Minyak kelapa murni

Dalam minyak kelapa ditemukan unsur asam oleic yang baik untuk obat luka termasuk karena diabetes. Minyak kelapa memiliki sifat astringent, memiliki efek anti radang dan baik untuk menstimulasi proses pembentukan jaringan baru.

Oleskan luka dengan minyak kelapa murni tanpa campuran secara rutin selama beberapa hari. Anda bisa padukan pula minyak kelapa menjadi ramuan bersama kunyit halus, bawang putih halus atau dengan dioleskan pada daun pisang sebelum dibalutkan pada luka.

Cara ini membuat ramuan herbal akan bekerja lebih baik dan melekat dengan lebih lama pada luka. Menjadikannya lebih efektif bekerja sebagai obat luka karena diabetes.