Nominal Denda Keterlambatan Kartu Kredit BNI dan Perhitungan Bunganya 

Denda keterlambatan Kartu Kredit BNI menjadi hal yang harus diwaspadai. Hal ini tak semata untuk menakut-nakuti nasabah, namun untuk menjaga kedisiplinan setiap pemegang kartu. Selain itu denda tersebut juga difungsikan sebagai penggantian biaya administrasi selama masa keterlambatan. 

Nominal Denda Keterlambatan Kartu Kredit BNI 

Penyesuaian Kartu Kredit BNI - Info Kartu Kredit | BNI Credit Card

Setiap kartu kredit memiliki ketentuan, syarat dan aturan main yang berbeda meski secara umum seluruhnya memiliki konsep yang sama. Namun dalam kategori denda keterlambatan, BNI memberi kebijakan terbaru yakni penghitungan sama rata bagi seluruh pemegang kartu kredit. jadi kalo tidak sempat transfer atau hanya punya uang cash, dapat membayar kredit via setor tunai, kalau belum tahu cara setor tunai bni cukup cek link tersebut.

Adapun ketentuan tersebut tertulis bahwa Biaya Keterlambatan Pembayaran Tagihan dikenai denda 1% dari total tagihan atau maksimal Rp 100.000. Hal ini berlaku untuk semua jenis kartu kredit BNI dan resmi diumumkan sejak pandemi menyerang berbagai belahan dunia. 

Dengan demikian, beban biaya keterlambatan tidak menjadi hal yang terlalu menyulitkan nasabah serta tetap mendukung pelayanan prima dari pihak Bank. Kebijakan ini juga bisa menjadi daya tarik bagi para calon pengguna baru untuk bisa menikmati berbagai fasilitas Kartu Kredit BNI. 

Perhitungan Bunga Kartu Kredit BNI

Selain denda keterlambatan adapun ketentuan bunga atau interest yang penting untuk diperhatikan. Bunga tersebut akan dikenakan pada nasabah jika terjadi pembayaran tidak penuh atau pembayaran setelah jatuh tempo. Hal ini telah diuraikan pada syarat dan ketentuan oleh pihak Bank BNI. 

Bunga tersebut dibagi menjadi dua macam yaitu, bunga belanja dan bunga penarikan tunai. Untuk bunga belanja akan dikenai biaya 2% dari total tagihan. Sementara bunga penarikan tunai akan memakan 2% juga dari total tagihan. Keduanya setara dengan masing-masing 24% per tahun. 

Cara perhitungan keduanya pun sama yakni dengan mengalikan jumlah transaksi dengan selisih hari per 365 hari. Setiap nasabah pun akan menerima perhitungan bunga retail kartu kredit per bulannya sebagai informasi tagihan secara lengkap dan spesifik. 

Demikian informasi tentang denda keterlambatan Kartu Kredit BNI sebagai acuan atau bahan referensi. Penting untuk diperhatikan bahwa batas pembayaran kartu kredit harus diingat sebagai pencegahan terjadinya keterlambatan pembayaran Kartu Kredit BNI. Dengan demikian jatuhnya denda pun dapat dihindari.