Hati hati! Jangan Sembarangan Menggunakan Serum Vitamin C

efek samping serum vitamin C

Serum vitamin C sudah banyak diproduksi oleh beragam vendor produk kecantikan. Ini diklaim sangat baik untuk merawat kecantikan kulit wajah. Padahal sebenarnya, penggunaan serum yang tidak tepat dapat menyebabkan sejumlah efek samping yang juga perlu Anda waspadai. Itu sebabnya pada kesempatan ini kami akan membahas soal apa saja efek samping serum vitamin C.

 

Benarkah Serum Vitamin C Bermanfaat Untuk Kulit?

Pembuatan serum vitamin C ini berangkat dari fakta bahwa kulit memang membutuhkan vitamin C. Dan pada kulit ada banyak sekali peran vitamin C yang membuatnya cukup krusial bagi kesehatan kulit.

Namun, kulit adalah bagian paling tepi dari tubuh. Sehingga acapkali kesulitan mendapatkan suplai vitamin C dengan cukup jika hanya mengandalkan suplai dari asupan yang dikonsumsi. Sementara itu vitamin C mengandung asam yang bila dikonsumsi berlebihan bisa jadi menyebabkan gangguan pada lambung hingga ginjal.

Berangkat dari fakta inilah kemudian sejumlah produk kecantikan memproduksi serum vitamin C. Ini akan mensuplai vitamin C untuk memastikan kulit tetap mendapatkan vitamin C dengan mencukupi.

Sementara itu, vitamin C memang penting bagi kulit. Vitamin C memiliki peran penting dalam membentuk collagen, sejenis senyawa penting yang bekerja pada proses regenerasi kulit. Collagen yang cukup akan membantu kulit tetap segar, kenyal dan terasa kencang alias awet muda.

efek samping serum vitamin C

Ini juga baik untuk membantu mencerahkan kulit. Karena selain collagen baik untuk mengatasi kulit yang rusak dan menggelap dengan menggantikannya dengan sel kulit yang baru. Vitamin C juga efektif mengendalikan pigmentasi berlebihan pada kulit.

Vitamin C juga berperan sebagai anti radang dan anti infeksi sehingga efektif mengatasi peradangan akibat alergi, infeksi bakteri seperti jerawat dan jamur, hingga kerusakan efek paparan sinar matahari.

Jadi, tak heran sebenarnya bila vitamin C memang dibutuhkan oleh kulit. Sehingga banyak produsen produk kecantikan berlomba lomba memproduksi serum vitamin C dengan beragam bentuk dan harga.

Apakah Efek Samping serum vitamin C?

Meski diakui serum vitamin C bermanfaat, sebenarnya ada sejumlah efek samping serum vitamin C yang perlu juga Anda pahami. Bahwa bagaimanapun, serum vitamin C mengandung asam sehingga perlu dipahami juga efeknya pada kulit.

Kandungan asam dalam serum vitamin C dapat mempengaruhi ph kulit. Sebaiknya pastikan tidak menggunakan jenis perawatan kulit dengan kadar asam tinggi supaya kadar ph tetap terjaga dalam kadar normal.

Gunakan dengan relatif tipis dan tidak berlebihan. Karena kadar asamnya justru mungkin menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. Sebaiknya padukan serum dengan pelembab yang sifatnya menenangkan atau mengandung astringent untuk meredakan kemungkinan efek samping serum vitamin C.

Menurut laporan Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology tahun 2015, sebenarnya efek samping serum vitamin C tidak dominan. Reaksi negatif biasanya terkait dengan kandungan senyawa tambahan dalam serum, atau pada mereka yang cenderung alergi dan hipersensitif.

Sebaiknya serum tidak dipaparkan sembarangan pada luka terbuka atau pada jerawat yang sedang meradang berat. Karena reaksinya bisa beragam, bahkan kadang justru semakin menjadi karena kadar asamnya justru memperburuk kondisi luka atau radang.

Gunakan serum vitamin C saat jerawat sudah mulai memudar dan tersisa beruntusan di permukaan kulit. Gunakan dengan tipis supaya tidak terjadi reaksi kulit kering dan iritasi. Pastikan pula serum vitamin C tidak sampai terkena mata. Karena ini bisa menyebabkan reaksi perih seperti terbakar.

Itulah sedikit gambaran soal efek samping serum vitamin C. Vitamin C memang kaya manfaat untuk kulit, namun penggunaan yang bijak dan tepat tentu diperlukan. Supaya vitamin C terserap optimal dan tidak menyisakan efek samping yang tidak diharapkan.