Ciri Utama Kucing Mau Mati yang Harus Kamu Waspadai

Kematian merupakan salah satu hal yang sangat menyedihkan. Bukan hanya bagi manusia tetapi juga untuk hewan kesayangan seperti kucing. Jika kamu memiliki hewan kesayangan, sangat penting bagi kamu untuk tahu bagaimana ciri kucing mau mati sebagai upaya untuk mempersiapkan diri.

 

Bagaimana ciri ciri kucing mau mati?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengetahui ciri-ciri kucing yang akan mati bisa menjadi salah satu upaya untuk mempersiapkan diri sebagai pemilik hewan menggemaskan tersebut. Selain digunakan untuk mempersiapkan diri, hal ini juga bisa digunakan sebagai salah satu upaya pencegahan ketika kucing kamu masih berusia muda. Apa saja ciri dari kucing akan mati ini?

  • Kehilangan berat badan yang sangat ekstrem

Ada kucing dewasa yang sudah berumur di atas 7 tahun, kehilangan berat badan merupakan salah satu hal yang normal. Hal ini disebabkan karena semakin tua kucing yang kamu miliki tubuhnya akan lebih mudah kehilangan otot. Selain itu, kucing yang sudah dewasa juga memiliki sistem pencernaan yang tidak efektif. Inilah yang menyebabkan mereka kehilangan otot dan berat badannya.

Hilangnya berat badan ini juga biasanya tidak disertai dengan gangguan makan. Karena itu ketika kucing kamu masih lahap makan tapi memiliki badan yang kurus, hal ini bisa jadi salah satu pertanda buruk. Biasanya, kucing yang akan mati akan kehilangan berat badannya secara ekstrem.

  • Lebih sering bersembunyi

Salah satu ciri lain dari kucing yang akan mati adalah kebiasaannya yang sering menyembunyikan diri. Sembunyi merupakan salah satu tanda bahwa kucing kamu sedang mengalami rasa sakit yang cukup serius.

Sesungguhnya bersembunyi merupakan salah satu kebiasaan yang umum pada kucing. Akan tetapi ketika kucing bersembunyi terlalu lama dan bahkan tidak mau keluar pada event-event yang positif seperti waktu makan, hal ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa kucing kamu sedang dalam rasa sakit yang cukup parah.

  • Tidak mau makan

Hal lain yang umum terjadi sebagai ciri kucing mau mati adalah ketika ia berhenti makan. Kucing yang berhenti makan artinya sedang mengalami kondisi tubuh yang tidak mengenakkan. Entah itu karena organ penciuman yang sedang terganggu atau organ tubuh lainnya yang sedang mengalami gangguan. Hal ini biasanya akan menyebabkan kucing lagi makan.

Ketika kucing kamu mulai tidak mau makan, kamu bisa mencoba membawa kucing kamu ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan. Apalagi jika kucing kamu masih berusia muda, maka kondisi ini harus segera mendapatkan pertolongan.

  • Tidak mau minum

Selain tidak mau makan, salah satu ciri-ciri anak kucing mau mati bisa dilihat dari kebiasaannya minum. Kucing memang bukan salah satu hewan yang suka banyak minum. Tetapi mereka tetap membutuhkan minuman untuk memastikan tubuh mereka terhidrasi dengan baik. Tidak minum akan membuat kucing mengalami dehidrasi.

Jika manusia yang kekurangan minum manusia akan tetapi bisa bertahan hingga 4 hari. Setelah itu kondisi tubuhnya akan memburuk dan lama kelamaan akan mati. Bayangkan jika ini menimpa kucing dengan berat badan yang kurang dari 10 kg. Pastinya dehidrasi dapat menyebabkan kondisi mereka sangat buruk bukan?

  • Lemah dan tidak banyak bergerak

Ciri terakhir dari kucingnya akan mati adalah lemah dan tidak banyak bergerak. Ciri kucing mau mati ini sangat umum mengingat kucing seperti biasanya tidak banyak makan dan tidak minum. Hal inilah yang menyebabkan mereka bermalas-malasan dan tidak memiliki energi untuk bergerak.