Cat Interior Anti Lembab Lebih Hemat dan Menguntungkan

Masing-masing rumah memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tinggi rendahnya kelembaban udara juga akan berpengaruh pada kondisi dinding rumah. Semakin lembab dinding maka akan semakin sulit cat untuk menempel. Hal ini perlu diantisipasi dengan menggunakan cat interior anti lembab.

Dinding yang lembab menjadi sumber masalah bagi sebuah rumah. Selain membuat cat lebih cepat rusak dan mengelupas, jika tidak segera ditangani dengan baik akan menyebabkan tumbuhnya jamur atau lumut. Sangat perlu pemeliharaan dengan cat khusus agar kondisi dinding lebih terjamin.

Cara Memilih Cat Interior Anti Lembab

Apabila karakteristik dinding rumah Anda cenderung lembab, maka tidak bisa dilakukan pengecatan dengan menggunakan cat biasa. Hal ini karena cat cenderung tidak bisa menempel dengan sempurna. Anda memerlukan cat khusus untuk dinding yang lembab. Cara memilih cat anti lembab sebagai berikut.

cat anti rrembes

1. PIlihlah yang Memiliki Formula Anti Jamur dan Anti Bakteri

Memilih cat anti lembab harus dilihat formula yang dikandungnya. Cat ini harus mengandung anti jamur dan anti bakteri. Perkembangan jamur dan bakteri akan semakin cepat ketika berada pada kondisi dinding yang lembab, sehingga formula ini penting untuk dimiliki.

2. Memilih Cat Warna Terang

Jika Anda sudah mengetahui karakteristik dinding yang cenderung lembab, pilihlah cat yang memiliki warna lebih terang. Penggunaan warna ini akan lebih mudah dalam mendeteksi perubahan pada dinding jika terdapat jamur atau lumut yang mulai tumbuh.

3. Cat Anti Lembab Lebih Hemat Walau Lebih Mahal

Menyelamatkan dinding rumah dari ancaman jamur dan bakteri karena lembab akan lebih penting daripada hanya menggunakan cat biasa. Memang untuk harga cat anti lembab ini lebih mahal dibandingkan cat tembok pada umumnya.

Namun ketika berbicara untuk jangka panjang, penggunaan cat anti lembab ini jauh lebih hemat. Anda tidak perlu berulang-ulang melakukan pengecatan ketika muncul jamur di dinding. Hal ini tentu saja akan lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu sering-sering membeli cat tembok.

4. Gunakan Cat Anti Lembab Eksterior

Ketika kondisi dinding memang sangat parah karena tingkat kelembaban yang sangat tinggi, untuk area interior bisa menggunakan cat anti lembab eksterior. Biasanya cat eksterior ini memiliki kekuatan untuk menahan air lebih besar dibandingkan yang interior.

Keuntungan Menggunakan Cat Anti Lembab

Hampir semua pemilik rumah akan berusaha merawat dinding dengan baik, termasuk untuk rumah yang berada di daerah lembab. Dalam satu rumah pasti ada beberapa ruangan yang memiliki kelembaban yang lebih tinggi, contohnya adalah kamar mandi, dapur, atau tempat cuci.

Beberapa kerusakan pada dinding disebabkan karena kurangnya perawatan akan dinding yang lembab. Awalnya mungkin hanya terlihat biasa, namun lama kelamaan dinding ini akan rusak dan muncul jamur. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengaplikasikan cat anti lembab antara lain.

  • Dinding lebih sehat dan bersih.
  • Mencegah kerusakan pada dinding berupa dinding menggelembung dan cat mengelupas.
  • Mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri.
  • Rumah menjadi lebih sehat dan nyaman karena dinding lebih kering.
  • Tidak perlu terlalu sering melakukan pengecatan ulang karena cat yang mengelupas pada dindingnya.
  • Lebih tahan lama dan awet untuk jangka panjang.
  • Lebih hemat pengeluaran karena hanya satu kali pengecatan.

Rumahku adalah istanaku, istilah ini mengandung arti bahwa kondisi rumah harus senantiasa dijaga dan diperhatikan. Salah satunya dengan mengaplikasikan cat interior anti lembab yang berkualitas, agar dinding terbebas dari lembab penyebab timbulnya jamur dan bakteri.