Cara Memilih Supplier untuk Dropship di Tokopedia yang Terpercaya

Kesuksesan seorang dropshipper dalam menjalankan usahanya terletak pada ketersediaan barang yang selalu ready. Maka dari itu, sangat penting memilih supplier terpercaya. Hal ini dikarenakan supplier merupakan bagian penting di dalam mensukseskan usaha Anda di mata konsumen. Anda dapat menemukan beragam supplier yang menerima dropship di Tokopedia.

Marketplace dengan didominasi warna hijau ini merupakan marketplace yang menyediakan berbagai barang dengan harga dibawah pasaran. Biasanya, pihak yang menjualnya adalah supplier. Maka dari itu, sebelum dropship, Anda harus mengetahui beberapa hal untuk menemukan supplier di Tokopedia.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Produk Dropship di Tokopedia dari Supplier?

Tokopedia merupakan salah satu marketplace favorit yang banyak dikunjungi oleh konsumen untuk mencari barang kebutuhan. Tidak hanya membeli barang saja. Anda juga dapat memilih produk dengan kategori tertentu untuk dijual kembali alias dropship.

Namun, sebelum melakukan hal tersebut. Maka sebaiknya, Anda mengetahui beberapa hal yang wajib diperhatikan saat memilih supplier terpercaya, selalu update dan ready produk. Vaz Business merangkum sebagai berikut ini:

1. Menentukan Kategori Produk yang Ingin di Dropship

Sebelum melakukan dropship pastikan Anda sudah menentukan kategori produk yang akan dipilih. Anda dapat menentukan kategori fashion, peralatan rumah tangga, elektronik dan lain sebagainya. Perlu Anda ketahui bahwa setiap toko memiliki produk yang berbeda sesuai kategorinya.

Apabila Anda ingin menjadi dropship maupun reseller. Maka pastikan bahwa toko yang dipilih menyediakan sistem tersebut. Tidak hanya itu, pemilihan kategori spesifik membantu Anda menemukan supplier yang tepat.

2. Mencari Supplier Melalui Gold Merchant

Anda dapat memanfaatkan fitur di aplikasi Tokopedia untuk mencari supplier sesuai kategori yang diinginkan. Caranya, dengan melakukan check list pada Gold Merchant. Hal ini akan mempermudah Anda untuk menemukan toko yang menjual produk sesuai dengan pilihan kategori yang Anda inginkan.

Tentunya, lebih menghemat waktu. Selain itu, Anda dapat membandingkan antara supplier yang satu dengan yang lain, sekaligus menentukan mana yang lebih baik.

3. Lakukan Filter sesuai Kategori yang Diinginkan

Setelah menentukan filter supplier dengan check list gold merchant. Selanjutnya, Anda dapat melakukan penyaringan kata kunci dengan memanfaatkan beberapa fitur yang ada di Tokopedia. Beberapa diantaranya meliputi, harga termurah, penjualan produk terbanyak, trending dan lain sebagainya.

4. Pengecekan Jumlah Produk Terjual

Apabila Anda sudah menemukan beberapa supplier sesuai dengan kategori yang diinginkan. Selanjutnya, melakukan pengecekan terhadap jumlah produk, ulasan konsumen dan lainnya. Sebelum memilih supplier yang diinginkan, pastikan sudah melihat review dari customer, rating, diskusi pelanggan dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, Anda perlu memilih supplier yang menjual produk secara jujur dengan rating bagus. Meskipun tingkat penjualannya tidak sebanyak supplier lain. Hal ini lebih baik dibandingkan menentukan pihak supplier yang menjual produk banyak namun banyak melakukan kesalahan. Hal tersebut dapat diketahui dari pihak konsumen yang membeli produk tersebut.

5. Perhatikan Kualitas, Kuantitas dan Track Record Penjual

Tidak hanya itu, Anda juga perlu melakukan pengecekan secara detail produk toko yang dijual secara online dan koleksi lainnya. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kualitas, kuantitas produk dan track record dari supplier. Selanjutnya, pertimbangkan budget Anda dengan harga yang ditawarkan oleh pihak supplier.

Hal ini akan mempengaruhi jumlah produk yang akan Anda jual. Biasanya, pihak dropship harus membayar di awal pada supplier sebelum menjualnya ke pihak konsumen secara online. Hal tersebut dapat terjadi ketika Anda menggunakan marketplace. Namun, uang tersebut tetap kembali kepada Anda tanpa kekurangan sepeserpun. Malah Anda mendapatkan keuntungan dari penjualan yang dilakukan.

Beberapa hal di atas perlu diperhatikan, ketika seorang dropship di Tokopedia mencari supplier di marketplace yang sama. Anda perlu berhati-hati ketika memilih toko pemasok secara online. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadi penipuan. Tentu saja membuat Anda tidak mendapatkan keuntungan. Namun, kerugian yang Anda rasakan.