7+ Teknik Budidaya Kerang Batu agar Menghasilkan

Budidaya kerang batu merupakan peluang bisnis menjanjikan karena sangat digemari sebagai salah satu makanan seafood. Khasiat kerang batu sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan, karena kaya nutrisi. Protein dan kalsium tinggi pada kerang batu membantu menstimulasi pertumbuhan anak. Berikut adalah cara ternak kerang batu yang bersumber dari Suksespedia.

7+ Teknik Budidaya Kerang Batu Agar Menghasilkan

1. Persiapan Budidaya Kerang Batu

Lokasi budidaya harus berada pada wilayah pasang surut, yaitu lokasi pesisir pantai, dengan sisi cekung dan bukan daerah pemukiman. Lokasi harus bebas dari pencemaran limbah, strategis, dan cocok untuk proses pembesaran.

Kualitas air dan intensitas cahaya juga harus anda perhatikan. Lokasi harus memiliki air jernih dan berada di bawah paparan sinar matahari supaya kerang batu dapat anda pantau perkembangannya.

2. Media Budidaya

Tambak untuk budidaya berbentuk kotak atau melingkar dengan pagar bambu yang membantu kerang tidak lepas. Tambahkan juga sanitasi serta saluran air supaya pergantian air tambak bisa terjadi agar media budidaya tetap bersih.

3. Beri Insektisida

Budidaya kerang batu perlu insektisida, tebarkan agar dapat meningkatkan pertumbuhan plankton. 3 hari setelah proses penebaran, rajin ganti air untuk mendorong pertumbuhan plankton.

4. Pilih Benih Budidaya Kerang Batu

Benih kerang batu idealnya ukuran 4-10 mm, warna cerah, tidak cacat, dan tidak gemuk. Bisa membeli benih di toko benih, atau cari dulu pada wilayah pesisir. Caranya gali tanah sampai 60 cm memakai sekop, kumpulkan benih dan pilih yang berukuran seragam.

5. Tebar Benih Kerang Batu

Untuk ukuran benih 4-5mm, tebarkan 2000 benih per meter. Jika sudah mencapai ukuran 5 mm atau lebih, tebar 200 atau 300 ekor saja per meter.

6. Pakan Kerang Batu

Tanam tumbuhan bakau sekitar tambak supaya mendorong pertumbuhan plankton. Kerang batu sangat bergantung pada adanya plankton dalam area kolam.

7. Kendalikan Hama atau Penyakit

Predator siput dapat menyerang kapan saja, caranya sisir setiap tiga hari sekali dan buang siput jika terdapat dalam tambak. Perhatikan musim, karena idealnya adalah musim panas.

8. Panen Budidaya Kerang Batu

Setelah 6-9 bulan tebar benih, anda bisa memanen kerang batu. Ukuran ideal kerang 4-9 cm, dengan gunakan sekop untuk menggali pelan supaya cangkang kerang tidak rusak.